Oppo R15 Jadi Smartphone Dengan Market Share Tertinggi Di Tiongkok Tahun 2018

 Counterpoint merupakan salah satu perusahaan analisis di dunia yang populer selalu melun OPPO R15 Makara Smartphone dengan Market Share Tertinggi di Tiongkok Tahun 2018

Gadgetren – Counterpoint merupakan salah satu perusahaan analisis di dunia yang populer selalu meluncurkan laporan mengenai perkembangan smartphone setiap periodenya, baik per kuartal maupun per tahun.

Baru-baru ini, Counterpoint gres saja merilis laporan Counterpoint Market Pulse yang berisikan mengenai daftar 10 smartphone dengan market share tertinggi di Tiongkok pada tahun 2018 silam.

Sekilas, Tiongkok sendiri menjadi pasar smartphone terbesar di dunia pada tahun 2018 berkat penduduknya yang melebihi 1 miliar. Hal ini menciptakan Tiongkok menjadi incaran bermacam-macam vendor dari luar maupun dalam negeri.

Dalam laporan Counterpoint ini, terlihat OPPO R15 berhasil menjadi smartphone dengan market share paling tinggi di Tiongkok pada tahun 2018 berkat desain menarik dan spesifikasi hardware yang memikat.

 Counterpoint merupakan salah satu perusahaan analisis di dunia yang populer selalu melun OPPO R15 Makara Smartphone dengan Market Share Tertinggi di Tiongkok Tahun 2018

OPPO R15 sendiri dibekali dengan chipset MediaTek Helio P60 Octa-core, RAM 6 GB, dan storage internal 128 GB. Dengan spesifikasi hardware yang cukup tinggi, perangkat ini dibanderol dengan harga 2.999 Yuan atau sekitar Rp 6,3 juta saat diluncurkan pertama kali pada bulan Maret 2018.

Bahkan smartphone ini masih terjual dengan baik sampai final tahun 2018. Selanjutnya, Apple iPhone X mengekor di posisi kedua. Meskipun banyak kritikan terhadap kemampuan Face Unlock dari smartphone ini yang tidak bisa membedakan penggunanya di Tiongkok, namun performa, kamera, dan nama besar Apple membuatnya masih laku di negeri Tirai Bambu.

Sementara pada posisi ketiga dan keempat diisi oleh smartphone buatan OPPO lagi dengan harga yang lebih terjangkau, adalah OPPO A5 dan OPPO A83. OPPO A5 yang gres memulai debutnya pada pertengahan kedua tahun 2018 bisa memasuki 3 besar dengan penjualan bulanan rata-rata hampir 2 juta unit.

Pada posisi kelima ditempati oleh Vivo X21 yang menjadi salah satu smartphone dengan performa tinggi, berteknologi kecerdasan buatan, dan kamera menarik pada tahun 2018. Vivo sendiri memakai budget marketing yang besar semoga Vivo X21 menjadi smartphone official dari ajang Piala Dunia 2018.

Tak hanya iPhone X, ternyata iPhone 8 Plus juga cukup diminati di Tiongkok dengan menduduki posisi keenam. Selain nama besar Apple, smartphone yang satu ini memiliki performa dan kemampuan kamera yang canggih.

Bersaing di segmen yang sama dengan OPPO A5, Vivo Y83 menduduki posisi ketujuh dalam pertarung di pasar smartphone Tiongkok tahun 2018. Kemudian, terdapat 2 smartphone OPPO lainnya yang terdiri dari OPPO A73 di posisi kedelapan dan OPPO R11s di posisi kesepuluh.

Selain itu, Xiaomi masih bisa mendapat posisi kesembilan dengan kehadiran Xiaomi Redmi 5 Plus yang memakai chipset Qualcomm Snapdragon 625, layar penuh, dan baterai 4.000 mAh yang sanggup bertahan lama.

Terlihat OPPO bisa menguasai pasar negeri Tirai Bambu pada tahun kemudian dengan berhasil menciptakan 5 produknya masuk ke dalam 10 smartphone dengan market share tertinggi di Tiongkok pada tahun 2018.

Sementara Apple dan Vivo sama-sama menyumbangkan 2 produknya dalam daftar ini. Terakhir, Xiaomi hanya bisa menempatkan 1 smartphone saja pada daftar ini dan itu pun berada di posisi kesembilan.

Menurut Gadgeter, faktor apa saja sih yang menghipnotis masyarakat Tiongkok dalam membeli sebuah smartphone? Sementara itu, Counterpoint sendiri belum merilis laporannya untuk negara Indonesia sehingga Gadgeter harus menunggunya sampai diluncurkan nanti.

[Sumber : Counterpoint]